21 Jul 2021

Pasar Tradisional dan Covid-19: Transformasi Digital dan Budaya Pasar Bersih Sehat sebagai Strategi Menghadapi Pandemi

Pengabdian Masyarakat FEB Telkom University di Pasar Tradisional Kabupaten Bandung

Pasar dirasakan penting keberadaannya karena pasar menyediakan pangan yang aman. Data dari Ditjen. Perdagangan Dalam Negeri-Departemen Perdagangan 2007 menyebutkan bahwa di Indonesia terdapat sekitar 13.450 pasar tradisional dengan 12.625 juta pedagang beraktivitas didalamnya.  Keberadaan pasar dipengaruhi oleh keberadaan produsen, pemasok, penjual, konsumen, manajer pasar, petugas yang berhubungan dengan kesehatan dan tokoh masyarakat. Oleh karena itu, komitmen dan partisipasi aktif para stakeholder diperlukan untuk mengembangkan pasar sehat. Guna mewujudkan pasar yang bersih, aman, nyaman dan sehat khususnya pasar tradisional, maka dibuat Keputusan Menteri nomor 519/MENKES/SK/VI/2008. Tujuan dari dibuatnya Kepmen ini adalah terwujudnya pasar yang bersih, sehat, nyaman, dan sehat melalui kemandirian komunitas pasar.

Pengabdian terhadap masyarakat merupakan salah satu dari tri-darma pendidikan tinggi. Pasar Tradisional menjadi salah satu komunitas sasaran Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) Telkom University (Tel-U) dalam melaksanakan program pengabdian masyarakat. Pada tanggal 12 juli 2021, program pengabdian masyarakat dilaksanakan oleh tim dosen FEB Tel-U dengan menyasar pedagang dan pengelola pasar Tagog, Padalarang. Program ini mengusung tema transformasi pasar menjadi pasar modern dengan budaya bersih dan sehat dalam rangka menghadapi pandemi Covid-19. Partisipan berasal dari pedagang dan pengelola pasar yang berjumlah 50 orang. Kendati kondisi pandemi menghalangi interaksi fisik, partisipan tetap antusias dalam mengikuti program secara daring (dalam jaringan) melalui media Zoom Meeting untuk penyampaian materi dan diskusi.

Materi program meliputi pembahasan mengenai bagaimana konsep pasar yang bersih dan sehat. Peserta diajak untuk memahami bagaimana pasar yang bersih dan sehat dan bagaimana mengukur kondisi pasar yang bersih dan sehat menurut kriteria yang digunakan oleh Kementrian Kesehatan RI. Kondisi pasar pasca pandemic Covid-19 juga menjadi materi yang dibahas dalam pelatihan. Peserta diberikan pemahaman tentang transisi yang akan terjadi sebagai dampak dari Covid-19, sekaligus bagaimana transisi konsep pasar bersih dan sehat setelah Covid-19. Partisipan juga secara aktif ikut berdiskusi dan mengajukan pertanyaan, baik seputar topik yang dibahas maupun seputar masalah yang dihadapi sehari-hari dalam mengelola pasar.

See also  Kuliah Umum Digital Marketing MM Telkom University

Acara ini berlangsung lancar atas kerjasama Telkom University, Asparindo, Dinas Industri Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bandung, serta pada Pedagang dan Pengelola Pasar Tradisional Tagog, Padalarang.