Home » Acara

MM Tel-U Insiasi Kerjasama dengan 3 Perguruan Tinggi Malaysia

Pada 22 – 23 Januari 2019, MM Tel-U yang diwakili oleh Dr. Ratri Wahyuningtyas sebagai Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Siska Noviaristati, Ph.D sebagai Kaprodi MM Tel-U bertolak ke Malaysia untuk melakukan insiasi kerjasama pengembangan Program Studi dengan 3 Perguruan Tinggi Malaysia yaitu University College Sedaya International (UCSI), University of Kuala Lumpur (UniKL), dan Multimedia University (MMU).

UCSI merupakan Universitas swasta di Malaysia dengan kampus utama terletak di Kuala Lumpur. UCSI juga mempunyai kampus yang terletak di Terengganu dan Sarawak. UCSI sudah berdiri sejak tahun 1986 dengan nama Canadian Institute of Computer Studies lalu berubah nama menjadi Sedaya College dan kemudian pata tahun 2008 mendapat gelar sebagai Universitas dan berubah nama menjadi University College Sedaya International (UCSI). Kerjasama dengan UCSI akan dilakukan terutama untuk student/faculty mobility program dan kolaborasi riset.

Universiti Kuala Lumpur (UniKL) merupakan universitas teknik multi kampus yang berpusat di Kuala Lumpur, Malaysia. Memiliki rating sebagai “Excellent University” tier-5 dari Departemen Pendidikan Malaysia pada tahun 2009, 2011, dan 2013. UniKL memiliki 14 institusi yang tersebar lebih dari 12 kampus di Malaysia meliputi Kuala LumpurGombakCherasBangiKajangSepangTaboh NaningPasir GudangIpohLumut and Kulim. MM Tel-U akan melakukan kerjasama untuk program double degree MM-MBA yang akan segera diwujudkan pada semester mendatang.

(Foto Bersama MM Tel-U – Uni KL)

Multimedia University (MMU) adalah universitas swasta pertama di Malaysia dan merupakan institusi pendidikan tinggi yang berada di bawah Universiti Telekom Sdn Bhd (UTSB). Jumlah mahasiswa MMU lebih dari 20.000 orang. Universitas ini memiliki dua kampus utama terletak di kota bersejarah Melaka, dan satu kampus lagi ada di Cyberjaya. Universitas ini memiliki 24.000 mahasiswa internasional yang berasal dari 75 negara. Universitas ini menawarkan program persiapan sarjana, diploma, sarjana, dan pascasarjana. MMU memiliki 13 Pusat Riset, yang fokus pada bidang nanoteknologi, mikrosistem, biometri, realita virtual, gelombang mikro dan telekomunikasi, teknik, fotonik, robotik tingkat lanjut dan bisnis. Dengan MMU menyepakati pengadaan International Conference untuk level Magister Management pada bulan Juli 2019. Conference ini merupakan konferensi tahuanan yang akan di selenggarakan secara bergantian MMU dan MM Tel-U.

(Foto Bersama MM Tel-U – MMU)

MM Tel-U juga menawarkan kolaborasi riset-riset yang dilakukan oleh dosen-dosen MM. Secara khusus Dr. Noor Ashakin, dosen MMU tertarik berkolaborasi dengan tim sociopreneurship yang dipimpin oleh Dr. Ratna L Nugroho dengan fokus penelitian pengelolaan sampah. Dan dari UCSI ingin melakukan kolaborasi penelitian mengenai water management dan smart city yang diusung oleh Indrawati, Ph.D. Inisiasi ini merupakan upaya pencapaian program internasionalisasi MM. “Semoga program internasionalisasi MM bisa semakin maju.”, ujar bu Siska usai kunjungan dari Malaysia.

(Smart City oleh Ibu Indrawati, P.hD)

(Bank Sampah bersama Dr. Ratna L Nugroho)

 

(RRS, Januari 2019)

Comments are closed.