ngopi onsite mm genap 2223
17 Dec 2022

#1 NGOPI Onsite Magister Manajemen Genap 2022-2023

Pada Rabu, 14 Desember 2022, Magister Manajemen Telkom University telah menyelenggarakan kegiatan NGOPI Onsite yang dilaksanakan secara onsite di Gedung Telkom Landmark Tower (TLT) Lantai 31, Jakarta Selatan.

Adhi Putranto selaku Vice President Sales Strategy PT. Telkomsel menjadi pembicara pada kegiatan NGOPI Onsite kali ini. Kegiatan dipandu oleh Dr. Maya Ariyanti selaku dosen MM Telkom University sebagai moderator, dan dibawakan oleh Ardan Ghani Asalam, S.E., M.Ak. selaku Sekretaris Program Studi MM sebagai MC kegiatan. Tema NGOPI yang diangkat adalah “Telkomsel and Digitalization”.

Kegiatan dibuka dengan sambutan dan pemaparan kegiatan secara singkat oleh MC. Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan mengenai Magister Manajemen secara umum oleh moderator mengenai jenis kelas, konsentrasi, kurikulum, jumlah mahasiswa, akreditasi, serta kerjasama MM dengan Telkom Group.

Pembicara Adhi Putranto dan moderator Dr. Maya Ariyanti

Setelah pemaparan singkat mengenai MM, kegiatan dilanjutkan dengan agenda inti, yaitu materi pembahasan mengenai “Telkomsel and Digitalization” yang disampaikan oleh pembicara. Materi dibuka dengan Telkomsel Journey dari awal hingga saat ini. Dalam prosesnya, saat ini berbagai proses alur bisnis Telkomsel sudah semakin mudah diakses. Salah satu contohnya adalah digital connectivity yang dimiliki oleh Telkomsel, seperti teknologi 5G, musik, video, dan lainnya. Tidak hanya itu, Telkomsel juga menyediakan Digital Platform seperti by.U, MyTelkomsel, LinkAja, max stream, dan lainnya.

Proses digitalisasi Telkom Group tidak terlepas dari peran Indonesia’s Grand Strategy, terutama pada poin Digitalization dan Green Economy. Salah satu contohnya adalah proses daur ulang SIM Card sebagai upaya untuk mengurangi limbah plastik dari hasil proses bisnis Telkomsel. Selain itu, Telkomsel juga bekerjasama dengan pemerintah dan perusahaan lainnya dalam rangka meningkatkan digital ekonomi Indonesia.

See also  The NGOPI (Ngobrol PIntar) Online with MM #1

Contoh lain dari proses digitalisasi Telkomsel adalah aplikasi DigiPos. Aplikasi DigiPos menyediakan proses pembelian pulsa, data, serta transaksi lainnya seperti pembayaran listrik. DigiPos merupakan integrated sales & distribution platform yang memudahkan penjual dan pembeli untuk melakukan proses transaksi di manapun dan kapanpun. Pembayaran yang disediakan pun tidak terbatas pada proses modern (transfer bank, kartu, dan lainnya), tetapi juga tetap mempertahankan keberadaan transaksi tradisional/territorial channel dengan menimbang pada kondisi dan budaya masyarakat Indonesia. Tetapi, meskipun transaksi berlangsung secara tradisional (konter pulsa), proses jual belinya tetap menggunakan DigiPos. Sejak diluncurkan pada Agustus 2020, DigiPos telah mencapai beberapa prestasi, di antaranya adalah sebanyak 250.000 seller yang aktif berjualan, 2.6 triliun GMV, rating aplikasi 4.5, dan lainnya.

Kegiatan ditutup dengan pemaparan materi dari admisi Telkom University terkait proses registrasi pascasarjana Telkom University bagi seluruh peserta yang tertarik untuk mendaftar di MM Telkom University.