MM Telkom University Menjawab Tantangan Era Disrupsi Digital: Preparing the Digital Business Leaders
Magister Manajemen Telkom University (MM Tel-U) menjawab tantangan era disrupsi digital dengan mempersiapkan digital business leaders. Dalam rangka menggali kebutuhan industri pada hari ini 24 April 2019 kami mengadakan Seminar Digital DNA 2019 dengan tajuk How Digital Talent Facing Industry 4.0? bersama para pakar industri di Jakarta.
Pakar industri yang hadir dalam acara ini adalah Director of Digital Effort PT Angkasa Pura II Jose Rizal; Direktur Teknologi dan Informasi Bank Rakyat Indonesia Indra Utoyo; Deputy Head of Human Capital BTPN Pratomo Soeryandono; dan Chief Officer Growth Ayopop Ahmad Alkatiri sekaligus sebagai alumni Prodi Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika (2008). Keempat narasumber ini membahas How to Facing Digital Talent 4.0? secara riil di perusahaan masing-masing dan memberikan arahan kapabilitas digital talent yang diminta industri saat ini dan dalam jangka panjang.
Di digital DNA 2019 pemateri menekankan Digital transformation Its not about technology tapi bagaimana kita mempunyai talent digital yg bisa membuat consumer happy dan menjadi bisnis lebih cepat dan efisien plus strategi utk transformasi organisasi. Kebutuhan talent digital tidak bisa dari outsourcing harus dr dalam (insourcing) supaya paham dan sesuai dengan bisnisnya perusahaan. Setiap elemen perusahaan harus bertujuan pertumbuhan. Hal ini yang menjadi tantangan dalam perkembangan teknologi digital.
Mindset digital harus dimiliki oleh semua karyawan dan berangkat dari menjawab painful consumer. Dalam menjawab tantangan digital talent saat ini dibutuhkan kapabilitas sebagai berikut: (1) strong problem solving skills; (2) bold confidence and tough as hell; (3) good with numbers – data; (4) agile, we launch first improve later; (5) understand, its all hands on deck system, (6) be passionate; dan (7) master excel.
Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Dodie Tricahyono, Ph.D menjelaskan dalam menghadapi tantangan Industry 4.0 dan Higher Education 4.0 perusahaan sebaiknya fokus terhadap keberlanjutan jangka panjang sehingga memiliki revenue dan profit yang jauh lebih baik dibandingkan perusahaan yang hanya fokus pada jangka pendek. Talent development adalah salah satu keputusan investasi jangka panjang perusahaan yang vital bagi perusahaan. MM Telkom University menemukan solusi bagi perusahaan untuk hal ini. Kurikulum MM Telkom university dirancang untuk menjawab tantangan era disrupsi digital. Melalui kurikulum ini, MM Telkom University mempersiapkan pemimpin-pemimpin bisnis digital. Lebih lanjut, Kaprodi MM Telkom University Siska Noviaristanti, Ph.D menambahkan konsentrasi-konsentrasi yang diunggulkan adalah Digital Marketing, Financial Technology, Digital Strategy, Digipreneur, Digital Talent Management, Corporate Finance, dan Digital Service Management. Selanjutnya, ia berharap dengan rutinnya acara engagement dengan industri seperti ini akan mewujudkan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dan kualitas digital talent di industri.