#1 Focus Group Discussion: Evaluasi dari Alumni dan Pengguna Alumni
Pada Rabu, 14 Desember 2022, Magister Manajemen Telkom University telah menyelenggarakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) 1 dan 2 di Meeting Room Hotel Mercure, Jakarta Selatan. Kegiatan FGD dilaksanakan secara dua kali dengan tema dan pembicara berbeda serta dihadiri oleh Ketua Program Studi MM, Ketua Kelompok Keahlian, dan dosen MM.
Tema yang diangkat pada FGD 1 adalah “Evaluasi dari Alumni dan Pengguna Alumni”. Pembicara pada sesi pertama ini adalah alumni Magister Manajemen Telkom University, Atyoko Utomo dengan profil pekerjaan sebagai berikut:
- Organization Development di PT Angkasa Pura II dari 2015 hingga sekarang
- BoC Secretary di PT Angkasa Pura II dari 2022 hingga sekarang
- Founder & CFO di PT Empat Angkasa Ekspress dari 2022 hingga sekarang
Topik yang dibahas adalah mengenai bagaimana relevansi kurikulum MM saat ini dengan industri sesuai yang dirasakan oleh alumni sebagia praktisi setelah menjalani perkuliahan di MM.
Terdapat beberapa relevansi pengetahuan yang dipaparkan, yaitu:
- Persiapan Metode Kasus dan Membaca Kritis:
- Merupakan tools yang bagus dan dapat diterapkan ke dalam tim agar mau membaca lebih banyak. SAPADAPA banyak digunakan dan sagat membantu dalam merancang mekanisme baru dan mendukung tim untuk membaca hal-hal terkait di jurnal.
- Manajemen dan Organisasi Digital
- Dinilai sangat relevan dan sesuai dengan kebutuhan pekerjaan terkait mekanisme perusahaan.
- Finon Akuntansi dan Akuntansi Digital
- Digunakan dalam pembuatan laporan manajemen bulanan, menhitung capaian korporasi.
- Metodologi Penelitian
- Metodologi penelitian dinilai cukup relevan, terutama dalam menentukan framework dan kajian suatu penelitian yang akan dipakai.
- Pemasaran Era Digital
- Mata kuliah Pemasaran Era Digital dinilai sangat berguna dalam bisnis Empat Angkasa Ekspress, di mana penerapannya digunakan dalam mencari mitra e-commerce dan menyesuaikan pricing agar sesuai dengan kondisi masing-masing seller.
- Manajemen Operasi Berbasis TIK
- Digunakan dalam manajemen transportasi bisnis Empat Angkasa Ekspress untuk membuat jalur tracking agar lebih efektif dan tidak boros. Sehingga tingkat penggunaan BBM dinilai lebih efisien dan hemat.
- Manajemen Strategi dan Ekonomi Bisnis
- Digunakan untuk perancangan anggaran dasar serta ekosistem bisnis.
- Analitik Data
- Analitik data dinilai relevan dan digunakan dalam bisnis untuk merancang algoritma seperti Social Network Analysis (SNA) dan Time Series.
Selain memberikan paparan terkait relevansi kurikulum MM dengan pengalaman pekerjaan, Atyoko pun memberikan beberapa saran yang dapat ditingkatkan terkait kurikulum, di antaranya:
- Study case and simulation
- Dalam proses perkuliahan studi kasus yang digunakan sudah sangat representatif dengan kondisi industri saat ini;
- Simulasi mengenai studi kasus yang sedang dipelajari akan memperkuat pemahaman dari para mahasiswa. Kegiatan diskusi melalui mekanisme Can Group diharapkan tetap dapat dilakukan.
- Integrated mindset
- Kurikulum perkuliahan secara konsep dan urutan penyampaian materi sudah sangat tepat. Mahasiswa belajar mulai dari functional level strategy (Mata Kuliah Semester 1 dan 2) sampai dengan corporate level strategy (Mata Kuliah Manajemen Strategi di Semester 3);
- Diharapkan terdapat konektifitas materi dan studi kasus yang dapat diberikan di setiap mata kuliah.
- Subject matter expert
- Proses pembelajaran melalui sharing session atau kuliah umum dari para praktisi sudah cukup baik;
- Pembelajaran melalui Subject Matter Expert yang spesifik dalam bidang kuliah tertentu perlu menjadi pertimbangan. Hal tersebut dapat meningkatkan pemahaman praktis/ implementasi bagi mahasiswa pada materi atau mata kuliah tertentu.
Melalui sesi FGD kali ini, diharapkan mampu memberikan masukan-masukan untuk perbaikan Kurikulum MM 2024.