26 Apr 2024

Pengabdian Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Telkom

Pasar merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia saat ini khususnya pasar tradisional, merupakan bagian dari pernyataan Menteri Koperasi dan UKM. Namun pada kenyataanya jumlah pasar tradisional terus menurun jika dibandingkan dengan jumlah pertumbuhan pasar modern yang cenderung meningkat (www.kppu.go.id). Peningkatan pasar modern ini juga tercermin dari nilai kontribusi pasar. Nielsen (2005) menunjukkan bahwa sejak munculnya pasar modern pada tahun 2001, kontribusi pasar modern yang bermula hanya 24,8% meningkat menjadi 34,4%. Sebaliknya nilai kontribusi pasar tradisional menurun dari 75,2% menjadi 65,6%.  Penurunan ini mengindikasikan perlunya peningkatan kompetensi SDM para pedagang pasar untuk meningkatkan kemampuan berkompetisi mereka dalam menghadapi pesatnya pertumbuhan pasar modern.

Hal inilah yang menjadi alasan bagi Universitas Telkom untuk melakukan pelatihan peningkatan kompetensi dengan menyasar para pedagang tradisional. Universitas Telkom untuk bekerja sama dengan Koperasi Insan Bersama Sejahtera (Koperasi IBS), yang berperan sebagai koperasi simpan pinjam bagi para pedagang pasar yang memberikan andil besar bagi penambahan modal guna memperbesar usaha dagangan. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini dilakukan dengan menyasar pasar tradisional, yaitu Pasar Tradisional Majalaya guna memberikan pelatihan peningkatan kompetensi pengelolaan keuangan bagi para pedagang pasar setempat. Acara Pengabdian kepada Masyarakat ini telah diselenggarakan pada tanggal 5 November 2020 secara online, sebagai bagian dari adaptasi Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Rangka percepatan Penanganan COVID-19. Penggunaan media online sebagai sarana pertemuan merupakan kegiatan yang pertama dilakukan sebagai bentuk adaptasi dari kebijakan PSBB, dan sejauh ini pemanfaatan media online memberikan pengalaman baru bagi para peserta untuk memaksimalkan rutinitas pekerjaan. Diharapkan selain peningkatan kompetensi pengelolaan keuangan, pengalaman dalam pemanfaatan media online dapat diterapkan para pedagang pasar dalam memaksimalkan kegiatan berdagang sehari-hari. Secara keseluruhan, baik para pedagang dan pihak pengelola pasar menerima acara ini dengan sangat baik dan antusias, dan merasakan manfaat yang besar dari acara ini. Para pedagang terlihat mengajukan berbagai pertanyaan dan memberikan respon positif selama pelatihan berlangsung.

See also  Kuliah Umum dengan PROF. DR. H. YUDDY CHRISNANDI, SH, ME.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat yang ditujukan bagi peningkatan kompetensi pengelolaan keuangan ini telah rutin digelar setiap tahun. Pada tahun 2016 acara ini digelar di Pasar Cermat Batujajar, tahun 2017 pelatihan digelar di Pasar Tradisional Banjaran, Pasar Tradisional Ciparay, dan Pasar Tradisional Cililin, pada tahun 2018 diselenggarakan di Pasar Panorama Lembang, pada tahun 2019 diselenggarakan di Pasar Batujajar dan Pasar Tradisional Cihargeulis, dan pada tahun 2020 dengan menyasar para pedagang Pasar Tradisional Majalaya. Acara ini juga ditargetkan untuk dapat terus dilakukan dengan menyasar pasar-pasar tradisional lainnya di Bandung, sebagai salah satu bentuk dedikasi Universitas Telkom dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat guna meningkatkan kompetensi pengelolaan keuangan bagi para pedagang tradisional setempat.