Home » Sejarah

Sejarah

MBA Bandung didirikan pada akhir tahun 1989 oleh PT Telkom dengan penyelenggaraan program: Master of Business Administration (MBA) Program. Program dimulai tahun 1990 bekerjasama dengan Asian Institute of Management (AIM), Manila, Philippine. Kampus pertama MBA-Bandung menempati Gedung H & I di dalam Komplek Training Center PT Telkom yang berlokasi di Jalan Gegerkalong Hilir 47 Bandung. Pada awal pendirian, MBA-Bandung mengadopsi secara penuh schooling system dari Asian Institute of Management (AIM) Philippines, yang dikenal dengan sebutan Harvard Business School of Asia. Ketika program berjalan, para dosen dari AIM disamping mengajar secara langsung juga memberikan pengarahan implementasi AIM MBA program dan schooling system sampai dengan tahun 1995.

Dalam rangka merespon regulasi pemerintah terkait dengan implementasi penghapusan program MBA di Indonesia, maka pada tahun 1994, MBA-Bandung berganti bentuk menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Bandung (STMB). MBA program berubah menjadi Program Magister Manajemen. Tahun 2004, dalam rangka untuk memperkuat identitas dalam bidang ilmu manajemen di bisnis telekomunikasi, STMB merubah namanya menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Bisnis Telkom (STMB Telkom). Tahun 2007, terkait dengan meningkatnya jumlah mahasiswa program sarjana, STMB Telkom ditingkatkan menjadi sebuah institut, dan merubah namanya menjadi Institut Manajemen Telkom (IMT).

Tahun 2013, Telkom University (Tel-U) dibentuk dari hasil penggabungan empat institusi pendidikan tinggi dibawah Yayasan Pendidikan Telkom. Telkom University secara resmi didirikan pada tanggal 17 Juli 2013 berdasarkan Surat Keputusan menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 309/E/O/2013 hasil dari penggabungan empat institusi yaitu Institut Teknologi Telkom (IT Telkom), Institut Manajemen Telkom (IM Telkom), Politeknik Telkom dan Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Disain Indonesia (STISI). Setelah penggabungan, Institut Manajement Telkom (IMT) berubah menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *