Struktur Kurikulum


Beban studi program magister bagi peserta sekurang-kurangnya 36 SKS dan sebanyak-banyaknya 50 SKS yang dijadwalkan untuk 4 (empat) semester dan dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 4 (empat) semester dan selama-lamanya 10 (sepuluh) semester termasuk penyusunan tesis, setelah program sarjana, atau yang sederajat (Kepmendiknas No, 232/U/2000),

Struktur kurikulum MM Universitas Telkom pada dasarnya dibagi dalam empat modul utama yaitu, (1) modul dasar, (2) modul fungsional, (3) modul konsentrasi dan (4) modul penelitian. Perkuliahan yang berjalan untuk setiap mata kuliah menekankan pada pembelajaran dengan metode kasus yang terlebih dahulu disampaikan mengenai lingkup teori yang diajarkan. Untuk setiap mata kuliah di masing – masing modul memberikan penugasan khusus yang mengacu pada SAP dan Silabus yang telah ditetapkan. Selain penugasan yang bersifat take home, juga terdapat penugasan yang harus diselesaikan selama sesi perkuliahan baik secara individu maupun kelompok. Adapun kriteria modul yang terdapat di struktur kurikulum Prodi MM Universitas Telkom adalah sebagai berikut:

Modul Dasar

Modul dasar adalah kelompok bahan kajian dan pelajaran dalam kurikulum MM Universitas Telkom yang ditujukan untuk memberikan pemahaman atas konsep-konsep dasar berupa pengetahuan dasar dan alat-alat (tools) yang dapat membantu dalam analisis dan pengambilan keputusan-keputusan di dalam manajemean fungsional. Modul dasar merupakan pembekalan awal kepada mahasiswa untuk menghadapi perkuliahan pada tahap selanjutnya agar mahasiswa memahami konsep dasar dari keseluruhan topik manajemen. Modul Dasar baik pada Kurikulum 2014 maupun 2016 terdiri dari 4 (empat) mata kuliah wajib dengan total beban 12 SKS.

Modul Fungsional

Modul Fungsional adalah kelompok bahan kajian dan pelajaran dalam kurikulum MM Universitas Telkom yang bertujuan untuk memberikan landasan pembentukan keahlian dan aplikasi dalam manajemen fungsional. Modul Fungsional baik pada Kurikulum 2014 maupun 2016 terdiri dari 5 (lima) mata kuliah wajib dengan total beban 15 SKS.

Modul Konsentrasi

Modul konsentrasi adalah kelompok bahan kajian dan pelajaran dalam kurikulum MM Universitas Telkom yang bertujuan untuk memberikan kedalaman pemahaman dan kemampuan dalam bidang atau industri tertentu. Modul ini merupakan modul pilihan yang disesuaikan minat mahasiswa. Terdapat perbedaan jumlah mata kuliah dan beban studi Modul Konsentrasi pada Kurikulum 2014 dan 2016. Modul Konsentrasi pada Kurikulum 2014 terdiri dari 4 (empat) mata kuliah pilihan dengan total beban 12 SKS. Sementara pada Kurikulum 2016, Modul konsentrasi terdiri dari 6 (enam) mata kuliah pilihan dengan total beban SKS yang wajib diambil sebanyak 7 SKS.

Modul Penelitian

Modul penelitian adalah kajian dalam penyusunan tesis yang menjadi syarat untuk memperoleh gelar magister manajemen. Modul Penelitian baik pada kurikulum 2014 maupun 2016 terdiri dari 1 (satu) mata kuliah wajib dengan total beban 6 SKS.

Berdasarkan uraian di atas, perbedaan antara kurikulum 2014 dengan 2016 adalah terletak pada jumlah mata kuliah dan beban SKS untuk Modul Konsentrasi. Beban studi Program Studi MM Universitas Telkom untuk Kurikulum 2014 terdiri atas 45 SKS yang dijadwalkan untuk 4 (empat) semester dan dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 4 (empat) semester dan selama-lamanya 8 (delapan) semester termasuk penyusunan tesis. Beban studi Program Studi MM Universitas Telkom untuk Kurikulum 2016 terdiri atas 40 SKS yang dijadwalkan untuk 4 (empat) semester dan dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 4 (empat) semester dan selama-lamanya 6 (enam) semester termasuk penyusunan tesis.