Home » Acara

Pelatihan Digital Platform buat pengelolaan TK se-Bojongsoang

Pada hari Sabtu, 8 September 2018 jam 09.00-15.00 diadakan kegiatan pengabdian masyarakat (ABDIMAS) prodi MM yang bertempat di Lab Multimedia Fakultas Ekonomi dan Bisnis Telkom University. Bentuk ABDIMAS yang diadakan adalah pelatihan penggunaan digital platform yang sudah tersedia di internet untuk keperluan marketing dan pengumpulan dana pengelola TK se-Bojongsoang. Dosen MM yang terlibat sebagai pembicara dalam kegiatan ini adalah Dr. Ratri Wahyuningtyas dan kaprodi MM Siska Noviaristanti.

Berdasarkan artikel tahun 2016 berjudul 3 Ways to Get Your Own Digital Platform yang terbit di Harvard Business Review, ada beberapa tingkat pemanfaatan platform digital. Pertama, menggunakan tools platform digital yang sudah ada, seperti Facebook, Twitter dan Instragram. Platform digital tersebut mengandalkan kekuatan jaringan social, unggul pada kemampuan komunikasi dua arah. Kedua, memanfaatkan partner yang memiliki platform digital. Hal ini dilakukan dengan bekerjasama dengan penyedia platform yang telah ada. Seperti platform crowsourcing untuk pengumpulan dana. Yang ketiga adalah dengan membangun sendiri platform digital yang diinginkan. Hal ini membutuhkan dana yang besar dan sebaiknya dilakukan oleh pemerintah.

Untuk mengimplementasikan pemanfaatan yang pertama dan kedua dari platform digital bagi pengelola TK maka diadakan pelatihan implementasi teknologi digital untuk pengelola dan guru TK. Platform digital yang diperkenalkan ada Fanpage FB untuk keperluan marketing dan website kitabisa.com untuk pengumpulan dana (crowdsourcing). Selain materi tersebut, pelatihan juga dilengkapai dengan penyampaian materi mengenai Digital Talent untuk penambahan wawasan pentingnya menguasai keterampilan penggunaan teknologi digital. Keterampilan tersebut sebagai salah cara memenuhi keunggulan individu yang harus dimiliki di era industry 4.0 seperti saat ini.

 

Berikut foto kegiatan ABDIMAS tersebut.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *