Learning Outcomes


Kompetensi lulusan prodi MM Universitas Telkom dicapai melalui proses pembelajaran dengan empat modul utama yaitu (1) modul dasar, (2) modul fungsional, (3) modul konsentrasi dan (4) modul penelitian. Pemberian mata kuliah pada modul fungsional dan modul penelitian bertujuan untuk mengembangkan kompetensi utama. Mata kuliah yang diberikan untuk mengembangkan kompetensi utama meliputi manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, manajemen keuangan, manajemen operasi dan produksi, manajemen strategi dan thesis.

Pemberian matakuliah pada modul dasar bertujuan untuk mengembangkan kompetensi pendukung. Mata kuliah yang diberikan untuk mengembangkan kompetensi pendukung meliputi persiapan metode kasus dan membaca kritis, akuntansi, manajemen dan organisasi, metodologi penelitian. Sedangkan pemberian mata kuliah pada modul konsentrasi bertujuan untuk mengembangkan kompetensi lainnya.

Mata kuliah yang diberikan untuk mengembangkan kompetensi lainnya disesuaikan dengan konsentrasi yang dipilih oleh mahasiswa. Sebagai contoh apabila mahasiswa memilih konsentrasi manajemen sumber daya manusia maka mata kuliah yang akan dipelajari meliputi kepemimpinan global, manajemen bakat, manajemen pengetahuan, statistik bisnis dan metodologi penelitian lanjutan.