Home » Acara

Kunjungan FEB Universitas Udayana dalam Rangka Benchmark Persiapan Akreditasi Internasional ABEST21.

Pada 15 Maret 2019, rekan – rekan Universitas Udayana Bali melakukan kunjungan ke Magister Manajamen Telkom University. Acara dimulai dari jam 09:00 sampai selesai. Pembukaan acara dibuka oleh dekan FEB Telkom University, yakni Dodie Tricahyono Ir., MM., Ph.D dengan sharing mengenai ABEST21. The Alliance on Business Education and Scholarship for Tomorrow, a 21st century organization atau ABEST21 merupakan badan akreditasi internasional yang berdomisili di Jepang untuk program studi bisnis atau di kawasan Asia-Pasifik. Misi ABEST21 tersebut adalah untuk mengembangkan dunia pendidikan manajemen serta pembelajaran di Fakultas Ekonomi dan Bisnis secara global atau menyeluruh dengan mengajukan asosiasi yang saling menguntungkan serta diharapkan memberikan kontribusi di masa mendatang untuk lulusan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

(Gambar 2. Prof. Dr. Ni Luh Putu Wiagustini, S.E., M.Si.)

Pada sesi kedua dari pihak Universitas Udayana bali oleh Prof. Dr. Ni Luh Putu Wiagustini, S.E., M.Si.  menyampaikan mengenai keunikan Universitas Udayana, salah satunya program studi pariwisata yang merupakan satu-satunya program studi pariwisata di Indonesia yang mempunyai program studi secara paralel, yakni S1, S2, dan S3. Beliau juga menyampaikan bahwa pada tahun 2009 Fakultas Ekonomi telah berhasil membuka Program Doktor Ilmu Ekonomi. Pada sesi berikutnya beliau menanyakan tentang perbedaan BANPT dengan ABEST21, yang kemudian dipaparkan dengan singkat dan jelas oleh  Indra Gunawan, A.Md, bahwa BANPT dengan ABEST21 sangat jauh berbeda, BANPT lebih melihat apa yang telah dicapai dari tahun ke tahun atau bisa dikatakan hanya melihat history nya saja, sedangkan ABEST21 melihat pencapaian untuk tahun-tahun kedepannya seperti apa dan bagaimana, di iringi dengan membentuk target atau visi yang jelas untuk mencapai tujuan tersebut serta melakukan evaluasi secara terus menerus.

(Gambar 3. Siska Noviaristanti, S.Si., M.T., Ph.D)

Pada penutupan acara di akhiri oleh Siska Noviaristanti, S.Si., M.T., Ph.D selaku Kepala Kaprodi Magister Manajemen Telkom University, memaparkan mengenai akreditasi ABEST21 pada MM FEB Tel-u menjadi member sejak tahun 2014 dan beberapa tahun setelahnya telah melakukan beberapa tahapan agar dinyatakan layak untuk diakreditasi melalui standar mutu pendidikan manajemen bermutu Internasional oleh ABEST21. Setelah menerima akreditasi tersebut MM FEB Tel-u melakukan kaizen (continuous improvement) dalam segala hal yang akan dilaporkan untuk satu tahun kemudian.

 

*Lampiran

(Gambar 4. Penyerahan Cinderamata)
(Gambar 5. Pembagian Buku Prof. Dr. Hiro Tugiman, SE., Ak., QIA., CRMP)
(Gambar 6. Team MM Tel-u dan Rekan Universitas Udayana)

Comments are closed.