24 Apr 2024

Pengabdian Masyarakat tentang Pasar Tradisional

Menteri Koperasi Usaha Kecil dan Menengah menyatakan bahwa pasar adalah tulang punggung perekonomian Indonesia saat ini, terutama pasar tradisional. Pasar merupakan representatif dalam mengembangkan ekonomi selain pasar tradisional.

Data dari Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) pada tahun 2010 menunjukkan bahwa jumlah pasar tradisional di Indonesia mencapai 13.450 pasar dengan sekitar 12,6 juta pedagang kecil (www.kppu.go.id). Jumlah ini jauh berbeda dengan jumlah pasar modern sebanyak 23.000 unit toko dari 14.000 kelompok usaha minimarket dan 9.000 supermarket.

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Nielsen (2005) terlihat bahwa sejak kemunculan pasar modern pada tahun 2001, kontribusi pasar modern yang dimulai hanya 24,8% meningkat menjadi 34,4% dan omset pasar tradisional menurun dari 75,2% menjadi 65,6%. . Penurunan ini menjadi alasan mengapa kita perlu meningkatkan kompetensi sumber daya manusia di pasar tradisional karena mereka tidak memiliki kompetensi sumber daya manusia yang mampu mengelola keuangan di pasar tradisional.

Ini adalah alasan bagi Universitas Telkom untuk bekerja sama dengan Asparindo (Asosiasi Manajemen Pasar Indonesia) dan Bangun Bina Persada sebagai manajer pasar untuk menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Masyarakat di Pasar Panorama Lembang untuk membina dan memberikan pelatihan bagi pedagang pasar lokal. Acara Pengabdian Masyarakat yang diadakan setiap tahun telah diadakan pada tanggal 25 September 2018. Acara ini dimaksudkan untuk memberikan pelatihan administrasi keuangan dan strategi kompetitif bagi para pengelola dan pedagang pasar Panorama Lembang.

Selama pelatihan, para pedagang sangat antusias mengajukan pertanyaan terkait manfaat persiapan keuangan dan penggunaan strategi kompetitif di pasar.

Secara keseluruhan, baik pedagang dan pengelola pasar menerima acara ini dengan sangat baik dan antusias, dan merasakan manfaat besar dari acara ini. Seorang peserta yang antusias juga bahkan bertanya apakah Universitas Telkom akan kembali mengadakan acara serupa di pasar lain.

See also  Industrial Experts Days – Kelas Marketing Management

Acara Pengabdian Masyarakat seperti ini sebenarnya telah diadakan juga di tahun sebelumnya. Pada tahun 2016 acara tersebut diadakan di Pasar Cermat Batujajar, pada tahun 2017 pelatihan serupa juga diadakan di Pasar Tradisional Banjaran, Pasar Tradisional Ciparay, dan Pasar Tradisional Cililin, dan tahun ini diadakan di Pasar Panorama Lembang. Diharapkan acara ini juga dapat terus dilakukan di pasar tradisional lainnya di Bandung, sebagai salah satu bentuk pengabdian Universitas Telkom kepada masyarakat.