Home » Acara

Program Pengabdian Masyarakat pada Pasar Tradisional Batujajar

Pasar tradisional yang menjadi tempat representatif dalam mengembangkan ekonomi kerakyatan, menjadi terancam keberadaannya terutama dengan hadirnya pasar modern. Hal ini tidak terlepas dengan adanya permasalahan seperti suasana pasar yang kumuh dan kotor, tata ruang pasar yang terbatas, jam operasional pasar yang terbatas, cara pengemasan yang kurang rapih, kemampuan SDM, dsb. Kemampuan SDM (pedagang) di pasar tradisional dalam menjalankan dan mengelola usaha belum menerapkan teori manajemen, salah satunya dalam pengelolaan keuangan bagi pedagang pasar. Kebanyakan pedagang tradisional tidak mampu memantau keuangan dan persediaan barang dagang mereka. Hal ini yang menyebabkan tingginya peluang yang dimiliki oleh pasar modern yang telah mengacu pada prinsip manajemen modern untuk terus berkembang. Hal ini terbukti pada beberapa tahun terakhir dengan terus berkurangnya jumlah pasar tradisional di Indonesia.

Penurunan Jumlah Pasar Tradisional

Inilah yang menjadi alasan bagi Universitas Telkom bekerja sama dengan ASPARINDO (Asosiasi Pengelola Pasar Indonesia) untuk kembali menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Masyarakat pada pasar tradisional, yaitu Pasar Batujajar guna membina dan memberikan pelatihan bagi para pedagang pasar setempat. Acara Pengabdian kepada Masyarakat ini telah diselenggarakan pada tanggal 1 Mei 2019. Acara ini ditujukan untuk memberikan pelatihan peningkatan kompetensi pengelolaan keuangan bagi para pengelola dan pedagang Pasar Batujajar. Secara keseluruhan, baik para pedagang dan pihak pengelola pasar menerima acara ini dengan sangat baik dan antusias, dan merasakan manfaat yang besar dari acara ini. Para pedagang terlihat mengajukan berbagai pertanyaan dan memberikan respon positif selama pelatihan berlangsung. Berikut video ABDIMAS berlangsung, klik disiniĀ 

Kegiatan Pengabdian Masyarakat yang ditujukan bagi peningkatan kompetensi pengelolaan keuangan ini telah rutin digelar setiap tahun. Pada tahun 2016 acara ini digelar di Pasar Cermat Batujajar, tahun 2017 pelatihan digelar di Pasar Tradisional Banjaran, Pasar Tradisional Ciparay, dan Pasar Tradisional Cililin, pada tahun 2018 diselenggarakan di Pasar Panorama Lembang, dan pada tahun ini kembali diselenggarakan di Pasar Batujajar. Acara ini juga ditargetkan untuk dapat terus dilakukan dengan menyasar pasar-pasar tradisional lainnya di Bandung, sebagai salah satu bentuk dedikasi Universitas Telkom untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat.

Comments are closed.