Home » Buku Bu Indrawati

Buku Bu Indrawati

Buku Metode Penelitian  Kualitatif Manajemen dan Bisnis Konvergensi Teknologi Informasi dan Komunikasi ini adalah sebagai salah satu buku referensi untuk mata kuliah Metodologi Penelitian di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Telkom khususnya program studi Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika dan di program studi Magister Manajemen. Buku ini sebagai pelengkap buku Metodologi Penelitian Manajemen dan Bisnis Konvergensi Teknologi Komunikasi dan Informasi yang terbit sebelumnya yang lebih menitik beratkan pada penelitian kuantitatif.

Penjelasan rinci akan kriteria menggunakan penelitian kualitatif, prosesnya dan masalah serta pertanyaan penelitian kualitatif dibahas dalam Bab I. II dan III, sehingga diharapkan akan memberikan wawasan yang cukup lengkap, terinci, dan jelas akan alasan mengapa suatu penelitian harus dilakukan secara kualitatif.  Bab IV hingga Bab VIII berisi bagaimana peran teori dalam penelitian kualitatif, desain penelitian, jenis data dan kualitas data penelitian kualitatif. Pada bagian akhir yaitu Bab IX dan X dibahas mengenai populasi, sampling, dan ukuran sampel, serta pengolahan hingga interpretasi data kualitatif. Dengan sajian isi buku seperti ini diharapkan mahasiswa diharapkan akan mampu  memahami hakikat, langkah-langkah, dan proses penelitian kualitatif dari mulai penentuan area penelitian hingga penarikan simpulan dan pemberian saran berupa keputusan manajerial berdasarkan temuan penelitian.

Di dalam buku ini, setiap Bab diberikan  contoh-contoh kongkrit dari laporan penelitian terkait smart city yang sudah dilakukan dan ditelaah (review) oleh ahli-ahli dalam bidangnya, baik dari lokal Universitas Telkom maupun Internasional. Karena itu, buku ini dapat dijadikan sebagai buku referensi untuk mata kuliah Metodologi Penelitian di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, khususnya di Jurusan Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika dan Magister Manajemen, serta jadi bahan referensi bagi mereka yang tertarik tentang smart city.

Jika apa yang ditulis dalam buku ini diikuti secara paripurna, maka pembaca tidak saja memiliki pengetahuan tentang cara melakukan riset sekelas tesis dan disertasi, namun faham bagaimana suatu kota diukur tingkat kecerdasannya.